Perhatikan Hal Ini Untuk Para UMKM Dalam Mengahadapi Virus Corona

supplier bubuk minuman bandungDitengah gonjang ganjing nya virus covid 19 atau dikenal juga dengan nama corona para pelaku UMKM yang merasa paling was was dalam terkena imbas nya, begitu juga dengan kami Supplier Bubuk Minuman Bandung.

Hantaman nya begitu kuat apalagi ditengah polemik diterapkannya sosial distracing dan juga karantina wilayah yang semakin tidak terkendali di daerah karana takut terjadi nya penyebaran virus secara masiv.

Secara langsung dengan terjadinya pandemi COVID-19 membuat masyarakat mengurangi aktivitas ekonomi, tidak hanya untuk kebutuhan pokok saja tetapi juga berimbas kepada kebutuhan tersier.

Berdampak pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata nasional apalagi untuk kelas UMKM seperti kami supplier bubuk minuman bandung dimana sektor kami lebih kepada masyarakat menengah dan bawah.

Pada akhirnya, wabah ini bukan saja mengganggu perkembangan performa bisnis UKM, lebih dari itu bahkan bisa berdampak pada penurunan omzet perusahaan dalam jangka panjang.

Kami mencoba merangkum dari website jurnal.id dalam artikel yang berjudul Hal-hal yang Perlu Dihindari Pebisnis UKM saat Wabah COVID-19 Mendera.

Apa saja yang harus dilakukan:

UKM Jangan Bergantung Hanya Pada Satu Income

Ketika menjalankan bisnis, Anda seringkali berfokus pada satu lini usaha. Hal itu bukan sesuatu yang keliru, tetapi bisa jadi menimbulkan risiko. Pasalnya, tidak ada yang menjamin pendapatan (income) utama bisnis Anda akan terus menerus mengalir tanpa gangguan. Ketika sesuatu terjadi di luar kendali, seperti halnya wabah Virus Corona, Anda tidak memiliki pendapatan usaha lain sebagai bantalan krisis. Maka itu, sebaiknya hindari bergantung hanya pada satu income.

Ekspansi Bisnis Secara Agresif

Pelemahan ekonomi secara massal bisa berdampak pada penurunan omzet UKM. Sementara itu, beban biaya harus tetap dibayar, seperti gaji pegawai, biaya sewa gedung, dan biaya transportasi.

Di tengah kondisi tersebut, cara bagus untuk mempertahankan UKM saat wabah COVID-19 adalah mengembangkan bisnis secara agresif bukanlah sesuatu yang bijak untuk dilakukan. Pasalnya, membuka cabang atau memperluas usaha tak akan memberi hasil optimal ketika permintaan konsumen justru melesu. Maka itu, sebaiknya hindari ekspansi secara jor-joran.

Mengabaikan Kondisi Arus Kas

UKM seringkali terlalu percaya diri dengan kemampuan kas yang dimiliki dan mengira bahwa modal awal sudah cukup untuk operasional di masa mendatang. Sikap percaya diri itu membuat pelaku usaha ceroboh dalam mengelola arus kas, misalnya dengan menghabiskan anggaran bisnis untuk hal tak krusial.

Persoalannya, ketika ada peristiwa yang mengganggu proses bisnis, seperti wabah Virus Corona sekarang, perputaran arus kas bisa terganggu dalam waktu sekejap. Pada akhirnya, akan berdampak secara langsung pada performa dan prospek bisnis ke depan.

Pada akhirnya kondisi ini kebali lagi kepada kita sebagai pelaku UMKM, yakin lah kita kuat dalam mengahadapi pademi ini. Saling berkolaborasi antar UMKM juga menajdi sebuah kunci dalam mengahadapinya.

Jangan ragu untuk melangkah dan buat lah rencana ke depan dengan data yang ada. Kami supplier bubuk minuman bandung berusaha untuk dapat terus eksis ditengah pademi yang berlangsung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!