Solusi UMKM Dalam Mengahadapi Pademi Corona

DIUNGGAH PADA

Yah memang musibah wabah corona ini tidak ada yang menduga nya, tetapi saat ini mau tidak mau kita semua harus bersiap untuk menghadapi pademi corona ini. Banyak aspek yang terkena imbas dari pedemi ini begitu pula dengan para pelaku UMKM, tidak terkecuali kami supplier bubuk minuman aneka rasa bandung pun merasakannya.

Kita sebagai pelaku usaha tidak ingin berlarut dalam meratapi keadaan, kita harus yakin ada banyak solusi yang dapat kita lakukan untuk dapat bertahan ditengah pademi virus corona ini. Selalu ada hikmah di setaip musibah, salah satu nya kita akan lebih aware dan sigap ketika musibah akan terjadi dikemudian hari.

Selain itu juga kita akan lebih matang dalam hal membuat perencanaan baik dari sisi perencanaan bisnis maupun perencanaan keuangan. Dalam artikel Hai, Pelaku UKM! Ini 5 Strategi Hadapi Dampak Covid-19 dalam website wartaekonomi.co.id setidaknya ada 5 cara yang dapat kita lakukan sebagai pelaku UMKM untuk dapat bertahan ditengah pademi.

3 strategi yang dapat kita dan kami sebagai supplier bubuk minuman bandung dapat lakukan antara lain:

Manfaatkan Internet Atau Digital Marketing Sebagai Channel Pemasaran

Arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis sehingga para pemilik usaha harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Terus update mengenai posisi cash sehingga dapat mengambil keputusan dengan bijak.

Pastikan Cashflow Terjaga Dengan Sehat

Pelemahan ekonomi secara massal bisa berdampak pada penurunan omzet UKM. Sementara itu, beban biaya harus tetap dibayar, seperti gaji pegawai, biaya sewa gedung, dan biaya transportasi.
Di tengah kondisi tersebut, cara bagus untuk mempertahankan UKM saat wabah COVID-19 adalah mengembangkan bisnis secara agresif bukanlah sesuatu yang bijak untuk dilakukan. Pasalnya, membuka cabang atau memperluas usaha tak akan memberi hasil optimal ketika permintaan konsumen justru melesu. Maka itu, sebaiknya hindari ekspansi secara jor-joran.

Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini. Pemilik usaha harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini untuk mengupayakan usaha tetap berjalan dengan risiko yang dapat diantisipasi.

Sebagai pelaku UMKM saat nya kita merefleksikan kembali tujuan bisnis saat ini, selain itu juga saatnya kita berbenah dari semua hal sehingga dikemudian hari kita sebagai pelaku usaha lebih siap ketika menghadapi musibah yang mungkin akan terjadi. Berkolaborasi saat ini juga menjadi kunci keberlangsungan usaha seperti apa yang telah kami Supplier Bubuk Minuman Aneka Rasa Bandung saat ini coba lakukan.

Ayo kita maju dan tetap semangat di dalam menghadapi pademi corona, UMKM sehat UMKM kuat.

Ada Informasi Lainnya Untuk Kamu

Wajar saja kenapa masyarakat sangat tertarik dengan usaha yang satu ini, modal tidak besar tapi untung bisa 2x lipat dari modal… [Read More]

Di era sekarang ini, para pebisnis sudah banyak dijumpai dimana saja baik bisnis dalam bentuk makanan ataupun minuman…. [Read More]

Sekarang tuh apa apa saja yang ngehits bisa jadi incaran masyarakat tinggal bagaimana kita menyikapi fenomena ini, yang membuat ngehits itu bukan sekedar karena rasanya ataupun keunikannya…[Read More]

Ada banyak materi seputar memulai bisnis untuk para pemula yang dapat Anda cari di internet, nah dalam artikel ini kami mencoba merangkum dari beberapa sumber… [Read More]

error: Content is protected !!